Paving block atau conblock adalah suatu komposisi berbentuk segmen-segmen kecil yang terbuat dari beton dengan bentuk segi empat atau segi enam banyak yang dipasang sedemikian rupa sehingga saling mengunci. Material ini dipasang untuk mengeraskan bagian lahan bangunan agar permukaannya jadi rata dan stabil.





 

Paving block atau Conblock terbuat dari campuran semen portland atau bahan perekat hidrolis lainnya yang dibuat dengan peralatan mekanis memiliki mutu yang tinggi. Bahan-bahannya dicampur dalam perbandingan tertentu sesuai dengan peruntukan dan mutu yang direncanakan, kemudian dicetak dan dipadatkan dengan getaran.

Setelah dibuka dari cetakannya, paving block harus disimpan pada tempat yang terlindung dari panas matahari langsung dan hembusan angin yang berlebihan.

Paving block memiliki kelebihan dan kekurangan tertentu. Keuntungan dari paving block yaitumaterial ini mudah dipasang dan tidak memerlukan alat berat serta dapat diproduksi secara masal. Pemeliharaannya pun mudah dan dapat dibongkar dan dipasang kembali. Paving block umumnya tahan terhadap beban statis atau tumpahan bahan pelumas dan pemanasan oleh mesin kendaraan.

Namun paving block juga memiliki kelemahan, yaitu ia mudah bergelombang bila pondasinya tidak dipasang dengan kuat. Material ini juga kurang cocok untuk dipasang di lahan yang dilalui kendaraan berkecepatan tinggi.

Sehingga paving block hanya cocok untuk dipasang di lahan yang dilalui kendaraan berkecepatan rendah saja misalnya lingkungan permukiman dan perkotaan yang padat.

Jika Anda ingin menerapkan paving block untuk halaman Anda, gunakanlah yang kualitasnya bagus. Paving block yang bagus dan layak dipasang adalah yang mempunyai bentuk sempurna, tidak retak-retak atau cacat, dan bagian sudut dan rusuknya tidak mudah dihancurkan dengan kekuatan tangan.

Berdasarkan bentuknya, paving block dapat dibedakan menjadi dua yaitu bentuk, yaitu segi empat dan segi banyak. Ada tiga jenis ketebalan paving block yakni 6 cm, 8 cm, dan 10 cm. Di pasaran, tersedia paving block aneka warna yang dapat dipesan, namun umumnya yang biasa dipakai adalah yang abu-abu.

Klik Disini untuk melihat perkiraan daftar harga paving block atau conblok.


Post a Comment

Previous Post Next Post